Mungkin anda bertanya bagaimana sistem dan cara kerja generator set...? nah mungkin postingan ini bisa menjawab pertanyaan anda semuanya. ok setelalh anda membaca postingan saya yang membahas mengenai pengertian genset adalah maka pada kesempatan ini saya akan kupas tuntas cara kerja generator sekaligus beberapa tambahan defisini genset.
Generator adalah sebuah alat yang berkerja dimana menggunakan konsep dan prisip percobaanya faraday yatiu memutar magnet dalam kumnparan atau sebaliknya,ketika magnet tersebut digerakan dalam kumparan maka yang akan terjadi adalah perubahan fluks gaya magnet (perubahaan arah penyebaran magnet) di dalam kumparan dan menembus tegak lurus terhadap kumparan tersebut sehingga nantinya akan menyebabkan beda potensial antara ujung ujunug kumparan (yang akan menimbulkan listrik)
Syaart utama agar dapat menghasilkan listrik yaitu harus ada perubahan fluks magnetik, jika tidak ada maka tidakan pernah terjadi timbulnya listrik .untuk cara mengubah fluks magnetik yaitu dengan melalui menggerakkan magnet dalam kumparan atau sebeliknya dengan energi dari sumber lain , seperti angin dan air yg memutar baling baling turbin untuk menggerakkan magnet tersbut.
Nah apa bila konduktor digerakkan memotong medan magnet maka yang akan terjadi timbul beda tagangan di ujung ujung konduktor tersebut , tergangannya akan naik saat mendekati medan dan turun saat menjauhi , sehingga listrik yang timbulk dalam siklus tersebut menjadi positif-no-negatif-nol (AC) . generator DC membalik arah arus saat tegangan negatif,menggunakan mekanisme cincin belah, sehinga nantinya akan menghasilkan siklus positif - no - positif - no (DC)

Perbedaan Antara Generator listrik DC dan AC


  • Generator DC : generator arus searah
  • Generator AC : generator arus bolak balik
  • Generator DC menggunakan "Comutator".
  • Generator AC menggunakan "Slip ring".

CARA KERJA GENERATOR SET (GENSET)

Alat Generator adalah sebuah mesin yang dapat mengubah tenaga mekanis menjadi tenaga listrik melalui proses induksi elektromagnetik. Generator ini memperoleh energi mekanis dari prime mover. Generator arus bolak-balik (AC) dikenal dengan sebutan alternator. Generator didesain untuk mampu mensuplai tenaga listrik ketika terjadi gangguan, yang kemudian suplai tersebut digunakan untuk beban prioritas.
Adapun genset (generator set) sendiri bagian dari generator. Genset ialah suatu alat yang dapat mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Genset atau sistem generator penyaluran adalah suatu generator listrik yang terdiri dari panel, berenergi solar dan terdapat kincir angin yang ditempatkan pada suatu tempat.
Genset mampu digunakan sebagai sistem cadangan listrik atau "off-grid" (sumber daya yang tergantung atas kebutuhan pemakai). Genset dipakai oleh rumah sakit dan industri yang menginginkan sumber listrk yang besar dan relaif stabli.
Generator terpasang satu poros dengan motor diesel, yang biasanya memakai generator sinkron (alternator) pada pembangkitan. Generator sinkron mempunyai dua bagian utama yaitu: sistem medan magnet dan jangkar. Generator ini kapasitasnya besar, medan magnetnya berputar karena terletak pada rotor.
Genset bekerja sepuluh detik ketika listrik padam, sepuluh detik berikutnya tenaga listrik diswitch ke genset, saat itu lampu bisa menyala kembali. Cara kerja generator genset yang memberikan supply listrik setelah duapuluh detik ini ditopang oleh AVR (Automatic Voltage Regulator).
Di dalam AVR, ada Mutual Reactor (MT) yaitu semacam trafo jenis CT (Current Transformer) yang menghasilkan arus listrik berdasarkan besaran arus beban yang melaluinya (secara rangkaian seri). Arus listrik yang dihasilkan ini digunakan untuk memperkuat medan magnet pada belitan rotor. Sehingga untuk beban yang besar, arus yang dihasilkan juga besar (rumus: V=IxR, dimana Vp/Vs=Ip/Vp dan P=IxV).
Namun untuk menjaga kestabilan AVR tidak cukup hanya dengan mengandalkan AVR saja, genset juga dilengkapi System Governor untuk menjaga kestabilan RPM (Rotation Power Momentum)nya sehingga bisa menghasilkan frekuensi putaran yang stabil pada saat ada atau tidak ada beban, hal ini bisa dilakukan dengan mengatur supply BBM (biasanya solar) pada generator genset.
Adapun ketika listrik menyala, sebuah switch (biasanya ATS-Automatic Transfer Switch) otomatis mengalihkan power supply dari genset ke PLN. Ini dilakukan tanpa memadamkan lampu sama sekali, sehingga tidak mengganggu kenyamanan konsumen. Dalam 5 detik genset akan mati secara otomatis.
Demikian informasi yang membahas mengenai Cara Kerja Sistem Mesin Genset, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog http://bloghargaterbaru.blogspot.com/,jangan lupa untuk bagikan melalui facebook,twitter dan google +

16 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. bagus sekali artikelnya,sangat membantu, tetap selalu berbagi ilmu ya dengan yang lainnya,
    salam kenal dari kami poetera Jaya Diesel, supplier sparepart genset, rental genset, service dan maintenance genset, http://poeterajayadiesel.com

    BalasHapus
  3. Untuk harga Genset Non BBM yg paling murah berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Fajar, setahu pengetahuan saya yang namanya genset itu generator set, jadi 1 set generator dengan engine (diesel), jadi menggunakan BBM #CMIIW.
      Kalau Non BBM yang ada yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Matahari, Tenaga Air & Tenaga Angin.

      Jika Ada yang membutuhkan rental genset (Diesel Generator Set) dengan kapasitas 30 kVa, 60 kVa, 125 kVa, 200 kVa, 350 kVa, 500 kVa, 800 kVa, 1000 kVa, 1250 kVa (silent containerized) dengan frekuensi 50hz/60hz dan yang menginginkan kualitas serta standar Internasional, untuk wilayah jawa timur dapat menghubungi saya melalui email :
      ivan.powerenergy@gmail.com

      Hapus
  4. This is Ada from Shiyan Miaoyu Import & Export Trading Co.,Ltd.
    We specialize in supplying Dongfeng heavy truck or relevant auto parts for several years with good quality and competitive price .
    If more information is needed, you can visit our official website: www.miao-yu.com.
    Any question, feel free to contact me .
    Look forward to hearing from you soon.

    BalasHapus
  5. Jika Ada yang membutuhkan rental genset (Diesel Generator Set) dengan kapasitas 30 kVa, 60 kVa, 125 kVa, 200 kVa, 350 kVa, 500 kVa, 800 kVa, 1000 kVa, 1250 kVa (silent containerized) dengan frekuensi 50hz/60hz dan yang menginginkan kualitas serta standar Internasional, untuk wilayah jawa timur dapat menghubungi saya melalui email :
    ivan.powerenergy@gmail.com

    Semua genset kami dengan engine built up Inggris dan dalam bentuk containerized.

    salam,

    Ivan
    0813 3318 9097

    BalasHapus
  6. sebuah informasi tentang genset yang sangat menarik
    menanti kunjungan baliknya ya ke kandang entok

    BalasHapus
  7. kami melayani jasa service alternator genset ke seluruh indonesia
    terimakasih

    BalasHapus
  8. Alternator kecil 850-900watt biasanya sekitar brapa rp ya

    BalasHapus
  9. gan kalo mesin perkins 1500 kva exhoust manifolnya membara tu knapa yahh

    BalasHapus
  10. saya ingin melihat gambar / foto dalam dinamonya terutama susunan rotornya gambar nyata bukan skema.

    BalasHapus
  11. SULISTIYOCORPS TOUR & TRAVEL, AGEN TIKET PESAWAT PALING MURAH


    Mengapa harga tiket pesawat di Sulistiyocorps Tour & Travel selalu yang paling murah sepanjang waktu untuk semua rute penerbangan? Pada dasarnya semua agen tiket pesawat selalu mendapatkan komisi dari maskapai penerbangan setiap kali melakukan penjualan tiket. Besarnya nilai komisi dari maskapai yang di berikan ke agen relatif sama. Lalu yang membedakan kami di sini adalah cara marketingnya. Pada umumnya cara marketing yang di lakukan oleh agen online adalah dengan cara melakukan iklan berbayar di media cetak maupun media elektronik, yang mana kita ketahui bersama iklan tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit nilainya. Cara marketing yang kami lakukan adalah dengan cara memanfaatkan yang serba gratisan baik itu di Facebook, Blog, WA dll. Impactnya, adalah biaya yang kami butuhkan untuk menjalankan bisnis ini sangat minim. Oleh karenanya komisi yang di berikan oleh maskapai tidak perlu kami ambil semua, dan bisa kami bagi lagi ke konsumen dengan cara memberikan potongan harga. Dengan cara seperti ini siapa yang di untungkan? Yang di untungkan adalah kita semua, kami juga tetap bisa menjual dengan cost yang rendah dan konsumen bisa mendapatkan harga tiket yang jauh lebih murah dari agen manapun. Itulah sebabnya mengapa harga tiket di kami selalu yang paling murah sepanjang waktu dari manapun dan kemanapun juga. Sebagai acuan, anda bisa mengunjungi website kami : www.sulistiyocorps.com untuk melihat harga tiket dan jadwal penerbangan. Untuk mendapatkan potongan harga, pastikan anda menghubungi kami lewat WA, SMS atau telepon di 082311255991/ 081326167491 ( tapi kami lebih merekomendasikan menghubungi kami lewat WA saja karena chat WA gratis). Dengan menghubungi kami, dapat kami pastikan harga yang kami tawarkan adalah harga yang paling murah. Jika ada yang lebih murah, kirim buktinya ke kami (harga valid adalah harga setelah terbooking) kami akan memberi harga yang lebih murah dari yang anda dapat. Jangan lupa like juga fan page Facebook kami untuk mendapatkan penawaran menarik lainnya.

    BalasHapus
  12. Ilmu yang bermanfaat, penjelasannya mudah difahami dan cukup lengkap, semoga terus berkarya. Untuk info kelistrikan lainnya silahkan kunjungi "Voltechno.net"
    Thanks

    BalasHapus

Postingan Terbaru